5 Jenis Koneksi ISP

penyedia jaringan internet

Internet Service Provider atau lebih populer dengan singkatan ISP adalah perusahaan penyedia jaringan internet agar para pengguna memiliki akses ke internet untuk melakukan berbagai aktivitas online seperti belanja, bermain media sosial, menonton film, mendengarkan musik, mengirim email, dan banyak lagi.

Sebagian besar penyedia internet menggunakan sistem berlangganan dengan biaya bulanan, dengan tarif berbeda-beda tergantung jenis paket yang dipilih dan sejumlah kebijakan lain dari masing-masing penyedia. Layanan dari ISP sendiri terbagi menjadi beberapa jenis seperti yang akan dijelaskan di bawah.

Berbagai Jenis Koneksi ISP

ISP menggunakan berbagai teknologi untuk memungkinkan koneksi pelanggan ke jaringan mereka. Pada sekitar tahun 1990-an, hanya ada tiga jenis koneksi ISP, yaitu:

  • Koneksi dial-up
  • Internet berkecepatan tinggi yang juga disebut dengan istilah broadband yang ditawarkan oleh perusahaan kabel.
  • DSL (Digital Line Subscribers) yang ditawarkan oleh perusahaan telepon.

Seiring waktu, layanan tersebut terus dikembangkan sehingga sekarang sudah lebih banyak. Dikutip dari situs higen.id, jenis koneksi ISP yang paling umum saat ini meliputi:

  1. Dial-Up Connection

Koneksi dial-up adalah cara paling murah untuk mengakses internet tapi juga termasuk koneksi yang paling lambat. Beberapa tahun silam, tepatnya sebelum gadget sebanyak sekarang, warung internet alias warnet adalah bisnis yang paling banyak menggunakan layanan ISP jenis dial-up.

Jenis ISP ini menggunakan saluran telepon standar dan modem analog untuk mengakses internet dengan kecepatan transfer data (DTR) hingga 56 Kbps. Dial-up dibuat ketika dua atau lebih perangkat komunikasi menggunakan jaringan telepon umum (PSTN) untuk terhubung ke penyedia layanan internet (ISP).

  1. Dedicated Connection

Layanan ISP jenis ini paling cocok digunakan oleh perusahaan yang memiliki komputer dengan jumlah banyak dan harus terhubung ke internet selama 24 jam setiap hari.

Namun bukan perusahaan saja, pengguna individu yang betah di rumah dan ingin konek ke internet setiap hari serta kapan saja juga bisa menggunakan layanan ini.

Adapun tarif langganan dari layanan ini tidak dihitung berdasarkan durasi pemakaian (selama benar-benar 24 jam atau hanya beberapa jam saja), tapi berdasarkan jenis paket yang dipilih.

  1. Internet Hotspot

Jenis layanan ini paling umum digunakan oleh bisnis yang menerima pelanggan secara langsung seperti cafe, restoran, bandara, atau juga sejumlah tempat umum lain seperti taman atau mall.

Layanan ini cocok dengan sejumlah tempat di atas karena bisa diakses banyak pengguna tidak membutuhkan kabel untuk mengaksesnya.

  1. Internet Wireless

Internet Wireless atau dikenal juga dengan Wi-Fi adalah cara untuk mendapatkan internet broadband tanpa kabel. Wi-Fi memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu jaringan yang sama tanpa perlu memasang jaringan telepon atau kabel tambahan.

  1. Internet Mobile Acces

Layanan internet yang satu ini akan memudahkan para pengguna pemilik smartphone dan tablet untuk terhubung ke internet kapan dan dimana saja. Jadi saat sedang tidak di rumah atau kantor, pengguna tetap bisa online jika misalnya tidak dapat menemukan Wi-Fi publik.

Ada berbagai jenis koneksi ISP yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan atau jenis aktivitas masing-masing pengguna. Harga langganan untuk layanan ini cukup beragam dan bisa disesuaikan sendiri dengan anggaran. Adapun salah satu IPS terbaik di negeri ini yang bisa dipilih adalah hypernet.co.id.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.