5 Tanda Oli Mobil Sudah Harus Diganti, Apa Saja?

Salah satu langkah penting perawatan mobil adalah memilih jenis oli yang tepat sesuai kebutuhan kendaraan. Sebagai contoh, bagi Anda pemilik mobil diesel, pilihlah oli diesel yang berkualitas. Di samping itu, Anda juga perlu rutin mengganti oli secara berkala.

Lalu, kapan saat yang tepat mengganti oli kendaraan? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang bisa Anda kenali sebagai tanda oli mobil sudah harus diganti. Apa saja ya tanda-tandanya?

Tanda Oli Mobil Sudah Perlu Diganti

Berikut ini adalah 5 tanda bahwa ol mobil Anda sudah harus diganti. Ketahui dengan baik agar Anda bisa rawat kendaraan dengan lebih baik, ya!

  1. Warna oli berubah.

Salah satu tanda paling jelas bahwa oli mobil sudah harus diganti adalah adanya perubahan pada warna oli. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengecek langsung warna oli mobil menggunakan dipstick. Anda bisa lakukan cara ini di pagi hari sebelum memanaskan dan menghidupkan kendaraan. Apabila warna oli sudah jadi sangat gelap pekat dan teksturnya menjadi encer, segera ganti oli.

  1. Mesin kendaraan terasa kasar.

Tanda lainnya yang perlu Anda kenali adalah mesin mobil yang jadi terasa kasar pada saat Anda bawa melaju di jalanan. Hal ini bisa terasa dari getaran mesin yang sudah tidak lagi semulus biasanya. Di samping itu, tanda yang satu ini biasanya juga dibarengi dengan tarikan mesin yang terasa kurang sehingga mobil jadi kurang responsif.

  1. Jarak tempuh kendaraan.

Cara lain yang bisa Anda jadikan acuan untuk ganti oli adalah jarak tempuh mobil. Soalnya, makin jauh jarak tempuhnya, makin lama juga usia oli pada mesin mobil. Secara umum, nyaris semua pabrikan mobil akan meminta para pengguna untuk mengganti oli setiap sekian kilometer, seperti 6.000 km atau 10.000 km.

  1. Ada peringatan untuk ganti oli.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, saat ini sudah ada lampu indikator ganti oli yang ada di instrument cluster. Biasanya, letak lampu indikator ini ada di dekat setir. Oleh karena itu, jika lampu indikator tersebut menyala, artinya oli kendaraan sudah harus Anda ganti. Meski demikian, lampu tersebut juga bisa menandai bahwa oli sudah akan habis, maupun kendala lain pada sistem pelumasan mobil Anda.

  1. Asap knalpot kehitaman.

Pada kendaraan yang “sehat”, warna asap knalpot lumrahnya putih tipis atau bahkan nyaris tidak terlihat, terutama untuk mobil non-solar. Jadi, kalau Anda melihat mobil Anda mengeluarkan asap yang warnanya tidak wajar seperti hitam pekat, Anda sepatutnya curiga kalau oli ternyata menguap dan ikut terbakar di dalam ruang pembakaran mesin. Kalau Anda melihat tanda ini, segera cek kondisi oli dan mesin di bengkel resmi.

Itu dia 5 tanda bahwa oli mobil sudah harus diganti. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.