Cara Membuat Oralit untuk Diare dan Konsumsinya yang Tepat

Kalbe farma melalui diarepedia.com

Ketika mengalami diare, salah satu hal yang biasa mengikutinya adalah akan mengalami dehidrasi. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya cairan yang keluar dalam tubuh dalam waktu singkat. Sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi apabila tidak diatasi dengan baik. Untuk menghindari dehidrasi ketika sedang diare, Anda bisa menggunakan cairan yang ampuh yaitu oralit. Oralit sendiri merupakan minuman yang dapat dibuat dengan mudah untuk meredakan dehidrasi saat diare. Oralit sendiri dapat dikonsumsi bayi hingga orang dewasa, sehingga aman dikonsumsi siapa saja saat mengalami diare.

 

Cara membuat oralit untuk diare juga sangat mudah yaitu dengan mengikuti langkah berikut ini:

 

  1. Langkah pertama adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan tangan bersih sehingga bisa mencuci tangan sebelum akan membuat oralit yang dikonsumsi.
  2. Selanjutnya bisa memasak air sehingga akan membuat air hangat untuk campuran oralit.
  3. Selanjutnya bisa menyiapkan bahan utama yaitu garam dan gula.
  4. Larutkan garam dan gula dengan takaran yang tepat ke dalam air hangat yang telah dimasak dengan matang.
  5. Terakhir aduk larutan tersebut hingga garam dan gula tidak terlihat, minum sesuai dengan kebutuhan.

 

Cara membuat oralit untuk diare sendiri sangat mudah dan dapat dibuat sendiri di rumah. Dimana untuk takarannya sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi satu gelas membutuhkan 1 sdt gula dan seperempat sdt garam. Larutkan bahan tersebut sebelum akan dikonsumsi yang dapat menghindari dehidrasi ketika mengalami diare. Serbuk larutan oralit ini juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya sebelum dikonsumsi agar tetap aman dan memberikan manfaat yang dibutuhkan. Adapun beberapa peringatan sebelum akan mengkonsumsi oralit saat diare adalah:

 

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah keamanan ketika menggunakan oralit untuk menghindari dehidrasi saat dehidrasi. Pastikan untuk memberitahu atau konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa aman mengkonsumsinya. Terutama bagi yang mempunyai masalah kesehatan tertentu seperti hipertensi, diabetes, sirosis, gagal ginjal, dan juga penyakit jantung.
  2. Oralit mempunyai manfaat untuk menghindari dehidrasi agar tidak membuat kondisi menjadi lebih parah ketika mengalami dehidrasi. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah dengan tetap mengkonsumsi air putih untuk memaksimalkan hasil oralit yang dikonsumsi.
  3. Apabila akan menggunakan obat lain, Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  4. Bagi yang mempunyai riwayat alergi, pastikan juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu dan memperhatikan obat yang dikonsumsi.
  5. Apabila timbul reaksi alergi setelah mengkonsumsi alergi, sebaiknya cepat hubungan dokter.

 

Apabila akan mengkonsumsi oralit, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah dengan mempunyai dosis yang tepat seperti berikut ini.

 

  1. Anak 0-1 tahun minum 1 ½ gelas pada 3 jam pertama dan ½ gelas tiap diare.
  2. Anak 1-5 tahun minum 3 gelas pada 3 jam pertama dan 1 gelas tiap diare.
  1. Anak 5-12 tahun minum 6 gelas pada 3 jam pertama dan 1 ½ gelas tiap diare.
  2. 12 tahun ke atas dapat mengkonsumsi 12 gelas pada 3 jam pertama dan 2 gelas tiap diare.

 

Selain mengkonsumsi oralit yang dibuat sendiri di rumah, Anda juga perlu mengkonsumsi obat untuk mengatasi diare yang dialami. Salah satu obat yang dapat dipilih adalah Entrostop miliknya Kalbe farma melalui diarepedia.com yang tersedia dengan dua kemasan yaitu Entropsop tablet untuk dewasa dan Entrostop herbal untuk anak. Obat tersebut dapat mempunyai manfaat untuk mengatasi gejala diare dan menghentikan diare.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.