Jangan Disepelekan Berikut Cara Ampuh Mencegah Terjadinya Diare

Sedia payung sebelum hujan merupakan langkah bijak yang perlu dilakukan, begitu juga tentang kesehatan seperti masalah gangguan pencernaan yang dapat mengganggu siapa saja baik itu anak-anak hingga orang dewasa.  Gangguan pencernaan atau Diare yang paling akrab disebutnya merupakan masalah kesehatan yang membuat penderitanya tidak nyaman karena seringnya buang air besar (BAB) yang lebih dari 3 kali dalam sehari. Bagi yang mengalami masalah Diare akan ditandai dengan berubahnya bentuk tinja atau feses yang  mencair dan lembek.

Secara umum Diare disebabkan karena virus atau bakteri yang menempel pada makanan yang akan dikonsumsi sehingga masuk kedalam pencernaan sehingga menimbulkan masalah pencernaan. Selain itu, gejala lain dari terjadinya masalah diare adalah hilangnya nafsu makan dan juga kram pada perut dan muntah-muntah.

Diare dapat sembuh dengan sendirinya dan dapat berlangsung 2 sampai 3 hari, namun bagi yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat masalah gangguan pencernaan dapat menimbulkan Diare akut yang akan menimbulkan terjadinya dehidrasi bila tidak diatasi dengan tepat.

Oleh karenanya sebelum terjadinya masalah gangguan pencernaan yang lebih serius, berikut beberapa cara efektif untuk pencegahan Diare yaitu:

  1. Menjaga Kebersihan

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya diare adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan dengan sabun ketika setelah pulang dari bepergian dan juga untuk mencuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan. Seperti kita tahu bahwa diare disebabkan karena virus dan bakteri maka selalu pastikan untuk memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi dalam keadaan bersih.

  1. Konsumsi Makanan yang kaya akan Probiotik

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan probiotik juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya diare. Sebagai contoh seperti yogurt, tempe, kimchi, dan juga makan yang telah di fermentasi. Makanan seperti yogurt efektif untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh dan dapat mencegah terjadinya masalah diare.

  1. Mengkonsumsi makanan yang matang

Cara lain yang juga efektif untuk mencegah terjadinya diare adalah dengan mengkonsumsi makanan yang matang. Selalu pastikan untuk memilih makanan yang dimasak terlebih dahulu sehingga dengan makan yang dimasak secara matang akan terhindar dari yang namanya virus atau bakteri yang bisa saja menempel pada makanan.

  1. Hindari konsumsi sayuran yang mentah

Selanjutnya cara efektif untuk mencegah terjadinya diare adalah dengan menghindari makan sayuran yang mentah. Sayuran yang mentah memang sangat menggoda untuk dikonsumsi namun tidak baik untuk orang yang sedang mengalami diare. Oleh karenanya untuk melakukan pencegahan terjadinya diare yakni dengan menghindari konsumsi sayuran mentah.

  1. Menyimpan makanan di tempat yang bersih

Menyimpan makanan di tempat yang bersih merupakan langkah bijak untuk mencegah terjadinya masalah diare di rumah. Kamu bisa menyimpan makanan di lemari es atau menutup rapat makanan yang akan dimakan sehingga terhindar dari virus dan bakteri jahat yang bisa saja menempel pada makanan kamu di rumah.

Jadi itulah beberapa cara bijak yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah diare pada tubuh. Selain menjaga kebersihan dan menjaga pola makan yang sehat kita akan terhindar dari masalah gangguan pencernaan yang akan membuat penderitanya tidak nyaman.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara efektif untuk mengatasi dan pencegahan terjadinya diare, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan untuk para pembaca dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan ini. Tetap jaga kesehatan dengan selalu menjaga kebersihan di rumah.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.