Kaki Kiri Pria itu Digigit Sebelum Jatuh ke Tanah Lalu Diinjak-Injak Kuda Nil

Seekor kudanil mengamuk hingga menewaskan seorang pria berusia 81 tahun. Kakek tua itu meninggal dunia setelah digigit dan diinjak injak binatang itu. Kakek tersebut tewas digigit dan diinjak injak oleh kuda nil di Afrika selatan minggu ini menurut laporan pihak berwenang.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 5 sore di Desa Mupuwa di Zaka, sebuah distrik di Provinsi Masvingo di Zimbabwe. Saat itu, pria tersebut tengah menggembalakan ternak bersama cucunya. Melansir Newsweek pada Sabtu (6/2/2021), korban diidentifikasi sebagai Langson Svondero.

Juru bicara Kepolisian Masvingo, Inspektur Kudakwashe Dhewa, mengatakan pria itu digigit di kaki kiri sebelum jatuh ke tanah dan diinjak injak. "Seekor kuda nil muncul dari semak terdekat menuju Svondero. Cucunya memanggilnya tetapi kuda nil itu menggigit kaki kirinya dan dia jatuh ke tanah sebelum dia bisa melarikan diri.” terangnya kepada surat kabar milik pemerintah The Herald minggu ini.

"Kuda nil itu kemudian mulai menginjak injaknya. Cucu lelaki itu lari ke desa untuk meminta bantuan, tetapi ketika mereka kembali Svondero sudah meninggal. Dia menderita luka dalam di dada."

Juru bicara Pengelolaan Taman dan Satwa Liar Zimbabwe, Tinashe Farawo, mengatakan hewan itu kemungkinan muncul dari sungai terdekat. Tetapi penyelidikan akan dilanjutkan. "Sangat disayangkan kami telah kehilangan nyawa dalam konflik manusia satwa liar. Kuda nil sebagian besar berasal dari Sungai Chiredzi dan akan kembali ke habitatnya,” kata Farawo kepada Masvingo Mirror, sebuah surat kabar independen yang meliput wilayah selatan Zimbabwe.

Pejabat satwa liar ini menambahkan pihaknya sedang menyelidiki masalah tersebut. Menurutnya, konflik manusia satwa liar sedang terjadi di seluruh provinsi terutama di Bikita, Zaka dan Chiredzi. Tahun lalu, seorang pria berusia 71 tahun dibunuh oleh seekor kerbau saat mandi di sungai.

Farawo juga mengakui kejadian itu di akun Twitter pribadinya, menulis: "Sangat menyedihkan bahwa seorang pria berusia 81 tahun dibunuh oleh seekor kuda nil di Zaka saat menggembalakan ternak bersama cucunya yang lolos tanpa cedera. Penjaga hutan berada di tempat kejadian." Outlet media lokal ZimEye mengidentifikasi cucunya sebagai Wycliffe Mazhambe yang berusia 29 tahun.

Pihak kepolisian mengatakan tidak yang pihak mana pun yang dicurigai, dan hasil otopsi kematian telah dikeluarkan oleh hakim. BBC sebelumnya melaporkan bahwa kuda nil adalah mamalia darat besar "paling mematikan di dunia". Spesies tersebut membunuh sekitar 500 orang setiap tahun di Afrika.

Menurut Live Science, mengutip San Diego Zoo, rata rata kuda nil betina memiliki berat sekitar 3.000 lbs (1360 kg). Sedangkan kuda nil jantan memiliki berat antara 3.500 dan 9.920 lbs (1587 kg hingg 4495 kg). Lembar fakta kebun binatang Afrika mencatat: "Meskipun penampilannya lucu, kuda nil termasuk yang paling berbahaya dan agresif dari semua mamalia.

Gigi taring dan gigi seri mereka tumbuh terus menerus, dengan panjang taring mencapai 20 inci (51 sentimeter). Seekor kuda nil dapat membunuh orang jika diprovokasi atau merasa terancam. Tapi taring dan giginya yang mengesankan digunakan terutama untuk pertahanan atau bertarung dengan kuda nil lainnya.

Menurut Ensiklopedia Britannica daftar yang mencatat jumlah kematian manusia per tahun akibat serangan kuda nil berkisar dari sekitar 500 hingga sekitar 3.000. Sebuah artikel yang diterbitkan di Majalah Smithsonian pada 2006 mengatakan bahwa kuda nil bisa menjadi "brutal" saat mempertahankan wilayah mereka. Binatang ini dikenal suka menanduk atau menginjak injak orang yang terlalu dekat.

Mereka juga dikenal sering memberi membalikkan pada perahu dan menyeret orang ke dalam air.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.