Spare Part AC Daikin yang Wajib Diketahui

AC atau air conditioner dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika spare part yang digunakan dalam keadaan baik. Inilah kenapa mengetahui spare part AC sangatlah penting, agar nantinya bisa melakukan perawatan dengan baik dan saat terjadi kerusakan bisa segera memperbaikinya.

Jenis-jenis Spare Part AC Beserta Fungsinya

Perlu diketahui jika Spare Part AC mempunyai banyak bagian. Tentunya setiap bagian mempunyai fungsi tersendiri. Lebih tepatnya ada 4 jenis spare part yaitu komponen utama, pendingin, kelistrikan dan pendukung. Lebih jelasnya mengenai jenis-jenis dan fungsinya, berikut pembahasannya.

1. Komponen Utama

Komponen utama pada AC terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama, Kondensor berfungsi untuk menukar kalor dan menurunkan suhu refrigeran. Bagian kedua yaitu Kompresor yang berfungsi untuk mengedarkan refrigeran ke semua bagian AC dan sebagai pusat sirkulasi refrigeran.

Bagian ketiga yaitu Pipa Kapiler yang berfungsi untuk mengalirkan refrigeran menuju evaporator serta menurunkan tekanannya. Sedangkan bagian keempat yaitu Evaporator yang berfungsi untuk menyerap dan mengalirkan panas dari udara menuju ke ruangan refrigeran.

2. Komponen Pendukung

Adapun spare part AC Daikin Indonesia yang selanjutnya yaitu komponen pendukung. Ada beberapa bagian pada komponen ini yang mempunyai fungsi tersendiri. Bagian pertama yaitu Accumulator yang berfungsi untuk menampung campuran minyak pelumas pada evaporator.

Bagian kedua yaitu Strainer yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang akan dibawa ke refrigeran. Sedangkan bagian ketiga yaitu Blower yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara yang ada di dalam ruangan dengan evaporator. Bagian keempat yaitu pelumas kompresor agar tidak terjadi gesekan.

3. Komponen Kelistrikan

Komponen kelistrikan termasuk spare part AC selanjutnya. Fungsinya untuk menghantarkan tenaga listrik agar AC bisa bekerja sebagaimana mestinya. Perlu diketahui jika komponen listrik juga mempunyai beberapa bagian penting dengan fungsinya masing-masing.

Adapun beberapa bagian yang dimaksudkan yaitu mode listrik, PCB Kontrol, Kapasitor, Overload dan Thermistor. Semua bagian tersebut mempunyai fungsi yang cukup penting. Jadi, tanpa adanya bagian-bagian tersebut, AC tidak akan bekerja dengan baik.

4. Refrigeran atau Pendingin

Bagian spare part AC Daikin yang terakhir yaitu pendingin atau yang biasa disebut dengan Refrigeran. Perlu diketahui jika mesin AC membutuhkan pendingin mesin berupa zat yang dapat berubah dari gas menjadi cair.

Lebih tepatnya spare part AC ini berfungsi untuk menyerap panas yang berasal dari udara ruangan. Nantinya udara tersebut akan di dalam AC dan akan dikeluarkan menjadi suhu udara yang lebih dingin. Jadi, tanpa adanya spare part ini, AC tidak akan berfungsi dengan benar.

Itulah penjelasan mengenai spare part AC Daikin. Mengetahui bagian-bagiannya beserta fungsinya tentu akan menyadarkan Anda jika melakukan perawatan dengan baik sangatlah penting. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan.

 

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.